Tuesday, August 25, 2009

Malaysia dan Jatidiri Bangsa

Malaysia dan jatidiri bangsa


<SEOnesia> Malaysia, negara tetangga yang notabene adalah saudara muda kita tiba-tiba menghianati kita lagi. Setelah lagu rasa sayange, batik, Reog dan kini Tari Pandet diklaim sebagai milik mereka. Salah satu jati diri bangsa kita terenggut oleh sikap serakah mereka tersebut.

Apakah kita harus marah...? Apakah rasa marah kita mampu mengembalikan jati diri bangsa yang sudah terampas ?

Sabar....sabar.... mumpung masih dalam bulan Ramadhan kita harus bersabar. Kita tidak perlu marah, atau melawan mereka secara fisik. Marilah kita introspeksi diri.

Apakah anak kita tahu bahwa Lagu Rasa Sayange, batik, Reog atau tari pandet adalah budaya kita? Saya khawatir anak-anak kita lebih tahu tentang breakdance, hip-hop, metal atau kebudayaan-kebudayaan bangsa lain.

Marilah kita mengembalikan jati diri bangsa kita yang mulai terkikis oleh budaya luar dan dicuri bangsa luar mulai dari diri kita, keluarga kita dan lingkungan sekitar kita. Kebudayaan kita masih banyaklagi,dan saya yakin masih banyak maling-maling yang mengincarnya

25 comments:

  1. Kayaknya malaysia pengin jadi bagian dari Republik Indonesia

    ReplyDelete
  2. mereka kagum mungkin dengan kita

    ReplyDelete
  3. Memang indonesia sumber segala hal, termasuk budaya. dan Jati diri

    sumintar.com

    ReplyDelete
  4. wah. benar juga tuh. kalo begini terus, mungkin anak-anak bangsa ini di tahun-tahun selanjutkan malah tidak tau kalo reog, batik, dll yang di adalah milik kita. dan nant pasti akan lebih mudah direbut oleh mereka.
    karena sekrang ini generasi penerus bukannya mengenal kebudayaan sendiri, tetapi mereka malah lebih akrap dengan yang lain.
    kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

    ReplyDelete
  5. Bangsa miskin selalu saja mengusik bangsa kaya
    sebagai anak bangsa memang seharusnya kita bangga akan kekayaan kita dan melestarikannya

    ReplyDelete
  6. mari kita kembalikan kejayaan negeri ini

    ReplyDelete
  7. seperti dibahas di berbagai forum , kayaknya mereka pengen gabung ke ind.cumana mereka masih malu2 ... xixixixi

    ReplyDelete
  8. wah sukses ya ;)

    ReplyDelete
  9. SEbenarnya banyak persamaan sih antara kebudayaan kita dengan Malaysia. Coba tonton film-film lawas Malaysia yang dibintangi oleh P.Ramli (banyak logat bahasa Jawa dan bahasa Indonesia). Tidak hanya dari bahasa, kebudayaan lain juga banyak yang mirip kok.

    ReplyDelete
  10. harus dikobarkan lagi semangat yang pernah dicetuskan oleh Bung Karno
    GANYANG MALAYSIA..!!!! MERDEKA!!!!

    ReplyDelete
  11. Kembalikan milik kita dari tangan orang edan...

    ReplyDelete
  12. Harusnya kan ada "reaksi" dari Pemerintah kita demi mengembalikan jati diri bangsa. Ntar bisa jadi semuanya dianggap milik mereka deh..

    ReplyDelete
  13. bagus neh pandangannya untuk selama ramadhan ini

    ReplyDelete
  14. ampun dech..
    buat malaysia provinsi yang ke-34 saja yah :))

    ReplyDelete
  15. Makanya hati2 bertetangga dengan mereka

    ReplyDelete
  16. Aku hilang...
    Tlah dicuri
    dicuri negeri orang, oh malaysia.
    Dimana tuanku, yang memilikiku

    ReplyDelete
  17. lha wong lagu kebangsaan mereka juga nyontek kok, ya,... jadi provinsi ke-34 juga entah pantas apa belom

    ReplyDelete
  18. mari kita perjuangkan jati diri bangsa Indonesia samapai kapanpun

    ReplyDelete
  19. apa perlu pertumpahan darah untuk mengakhiri perseteruan ini??

    ReplyDelete
  20. Setuju, dimulai dari diri sendiri dan saat ini juga :D

    ReplyDelete
  21. semoga m,endapat pencerahan atau hidayah orang malay nya

    ReplyDelete
  22. waduh bener juga ya kalao generasi kita malah tertarik pada hal-hal yang berbau kebarat2an. lupa akan kekayaan budaya negeri sendiri. jadi jangan heran kalao budaya diserobot orang hanya diam ngaploo

    ReplyDelete
  23. jati diri bangsa memang sangat penting bagi kita

    ReplyDelete

Silahkan eninggalkan sesuatu disini